Mengapung Di Titik Terendah Bumi

0
358
views

Laut Mati atau yang dikenal dengan Laut Asin merupakan wisata populer apabila berwisata ke Israel atau ke Yordania. Semua travel agent kebanyakan pasti akan menawarkan fenomena unik ini. Laut Mati sebenarnya adalah Danau. Disebut laut karena airnya asin seperti air laut dan luasnya seperti lautan. Disebut Laut Mati karena tidak ada kehidupan di dalam laut ini. Penyebab tidak ada kehidupan dalam Laut Mati karena kadar garamnya yang tinggi.

Aktifitas ngapung di Laut Mati
Aktifitas ngapung di Laut Mati

Berada di 425 meter di bawah permukaan laut, Laut Mati menjadi titik terendah di muka Bumi. Laut Mati ini terletak di antara Israel dan Yordania. Di sisi lainnya, Laut Mati ini berada di antara Palestina dan Yordania. Mungkin zaman dulu orang Israel berkunjung ke Yordania hanya menggunakan perahu menyebrangi Laut Mati ini, mungkin…

Kalia Beach, Laut Mati disisi Israel
Kalia Beach, Laut Mati disisi Israel dengan pemandangan tanah Yordania.

Hari itu saya dan rombongan dibawa untuk mencoba ngapung di Laut Mati, tepatnya di Kalia beach. Kalia beach ini sudah dikelola dengan baik, di dekat pantai Laut Mati disusun beberapa kursi pantai tempat berjemur, pancuran air tawar untuk membasuh tubuh, dan disediakan kamar untuk ganti pakaian. Tersedia juga restaurant bila merasa lapar atau haus. Dari Kaila beach ini juga kita dapat melihat bukit-bukit negara tetangganya, Yordania.

“Because of the salt, you can’t swim or dive.  Just lay back and allow your body to float.” begitu kata Hasan, guide saya.

Ngapung sambil selfie, disini bisa!
Ngapung sambil selfie, disini bisa!

Hati-hati ketika masuk kedalam Laut Mati, karena kaki bisa tergores oleh garam-garam yang menggumpal. Tidak perlu takut bila tidak bisa berenang, di Laut Mati ini semua orang bisa ngapung. Mau yang kurus, gendut atau cuma buncit aja pasti bisa ngapung. Terbukti pada saya yang tidak bisa berenang ternyata bisa ngapung sambil selfie dengan sukses, yayyyyy!

Butiran garam, bikin sakit kaki bila keinjak
Butiran garam, bikin sakit kaki bila keinjak…

Acara ngapung hanya boleh dilakukan 15-20 menit, setelah itu segera basuh dengan air tawar, kemudian boleh ngapung lagi, begitu seterusnya. Jangan biarkan air Laut Mati ini mengenai wajah, apalagi masuk ke mata. Bila kena wajah atau mata, jangan panik, segeralah basuh dengan air tawar.

Fasilitas air tawar untuk membasuh tubuh
Fasilitas air tawar untuk membasuh tubuh

Jangan lupa menggosok badan dengan lumpur hitam dari Laut Mati ini, karena khasiatnya bisa bikin kulit jadi halus dan sehat. Karena khasiat ini sudah terbukti maka banyak produsen kecantikan di Israel menawarkan ramuan kecantikan yang mengandung lumpur hitam dari Laut Mati ini. Konon katanya, Cleopatra juga sering berendam dengan lumpur hitam ini.

Lumpur Hitam dari Laut Mati
Lumpur Hitam dari Laut Mati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here