Tips Liburan Yang Menghasilkan Uang Ala inspiringtraveller.com

6
1479
views

Bicara tentang liburan pasti yang pertama diingat adalah uang. Karena tidak bisa dipungkiri kalau uang adalah salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah liburan. Ada uang, liburan makin jauh. Uang dikit, liburannya yang dekat-dekat saja. Tapi tetap saja kalau tidak hati-hati menghitung anggaran liburan, bisa-bisa tabungan ludes untuk biaya liburan, bahkan bisa mengakibatkan hutang menumpuk.

Kali ini saya mau share pengalaman tentang bagaimana saya menghasilkan uang saat traveling. Mungkin tidak mengcover semua biaya, tapi paling tidak bisa membantu saya untuk tidak menghabiskan tabungan.

TOUR LEADER

Ketika saya bekerja di sebuah travel agent, saya sempat menjadi tour leader ke Garut dan Pangandaran. Kalau yang ini, saya benar-benar tidak mengeluarkan biaya untuk liburannya, bahkan saya mendapatkan uang karena saya dihitung bekerja, namun saya menikmati perjalanan saat itu ketika mengunjungi tempat-tempat wisata. Menjadi Tour Leader untuk 30 orang, saya bisa mendapatkan penghasilan sekitar 6 juta untuk 3 hari 2 malam.

Sewaktu Jadi Tour Leader Untuk Group Dari Hongkong
Saat Jadi Tour Leader Untuk Group Dari Hongkong

TITIPAN BARANG

Soal titipan barang ini bukan hal baru lagi buat traveller. Sudah ada banyak aplikasi dan website yang menjembatani antara traveller dengan penitip. Contohnya bistip.com, saya mendapatkan fee 20% dari total nilai titipan orang. Makin banyak yang nitip, makin banyak komisinya. Dari Bistip saya pernah mendapat titipan pembelian barang dengan total belanja sebanyak 9 juta rupiah, jadi total komisinya 1.8 juta rupiah, sedangkan tiket Jakarta-Manila PP cuma 1.5 juta rupiah. Jadi, uang tiket saya bisa kebayar dengan komisi titipan.

Selain Bistip, ada cara lain yang biasa saya lakukan. Saya cari souvenir unik di kota tujuan liburan kemudian saya foto lalu posting ke media sosial saya. Dari situlah banyak yang melihat dan memesan.

Contohnya cover paspor dari Thailand, saya bisa mendapatkan pesanan kurang lebih 80 pcs dengan keuntungan 20-30 ribu per cover-nya. Begitu juga halnya dengan tumbler Starbucks, saya datang ke Starbucks, foto tumbler yang dipajang, lalu upload ke media sosial. Waktu saya ke China, saya membawa pulang sekitar 40 tumbler ke Indonesia dan semua adalah titipan orang.

Titipan Tumbler Starbucks Zhuhai, China
Titipan Tumbler Starbucks Zhuhai, China

JUAL REMPAH-REMPAH

Rempah-rempah Indonesia itu sudah terkenal di seluruh dunia. Bahkan ada rempah-rempah yang ada di Indonesia tapi tidak ada di negara lain. Nah untuk cara menjualnya, saya cari toko klontong Indonesia atau restaurant Indonesia yang ada di negara tujuan liburan saya, lalu saya email toko/resto tersebut untuk menanyakan apakah mereka membutuhkan bumbu dari Indonesia. Dari 5 toko dan resto yang saya hubungi, 1 toko dan 3 resto berminat untuk memesan rempah-rempah yang saya tawarkan. Tips dari saya, jangan lupa tanyakan harga yang mereka inginkan, sesuaikan dengan harga yang ada di Indonesia, bila harganya sesuai, silahkan dilanjutkan. Sesuaikan juga dengan ketentuan bagasi yang diperoleh, jangan sampai kelebihan bagasi ya. Waktu saya ke Dubai, saya membawa jengkol, kencur, lengkuas, pete dan kemiri. Keutungannya bisa 4-5 kali dari harga di pasar Indonesia.

Pemilik Toko Klontong di Dubai Membuka Titipan Rempah-Rempah
Pemilik Toko Klontong di Dubai Membuka Titipan Rempah-Rempah

JADILAH CITIZEN JOURNALIST

Sudah banyak media televisi yang punya program Citizen Journalist (CJ) ini. Contohnya NET TV, untuk program CJ ini ada di NET10 yang ditayangkan setiap hari senin-jumat jam 10 pagi dan juga beberapa video CJ ditayangkan pada program-program lain seperti IMS, Pagi-pagi, NET5, NET12 dan NET24. Selain NET TV, ada juga TRANS7 yang mempunyai program CAM ON yang menayangkan video-video kiriman CJ. Program CAM ON tayang di setiap sabtu jam 14.15 dan minggu jam 14.30.

Liputan Perpustakaan Terbesar Di Guangzhou, China Tayang di NET TV
Liputan Perpustakaan Terbesar Di Guangzhou, China Tayang di NET TV

Untuk menjadi CJ, kamu cukup mengambil video traveling kamu, buatย  narasinya dan upload ke www.netcj.co.id untuk NET TV dan www.cam-on.trans7.co.id untuk TRANS7.

Fee-nya dari NET TV bervariasi, mulai 300 ribu โ€“ 750 ribu per video. Untuk video liburan di Indonesia, fee-nya 300 ribu, Asia 500 ribu, Eropa dan Amerika 750 ribu. Sedangkan fee dari TRANS7 semua sama yaitu 300 ribu per video.

Liputan Piramida Giza Menjadi Best Video di CAM ON, TRANS7
Liputan Piramida Giza Menjadi Video Terbaik di CAM ON, TRANS7

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here