NASI BOX OFFICE: Soto Betawi Kuah Susu & Bir Pletok

0
1173
views

Tadinya saya ragu ketika seorang teman yang mengajak saya makan siang menyebut susu sebagai kuah pada sebuah soto masakan khas Betawi. Sepanjang jalan saya sudah memikirkan enegnya susu yang diberi garam dan campuran bumbu-bumbu lainnya. Saya termasuk orang yang anti dengan susu apalagi susu putih. Membayangkannya saja saya berasa pengen puasa siang ini. Tapi teman saya meyakinkan bahwa makanan ini harus saya coba.

“Kamu harus coba, Ar. Ini gak bikin kolesterol karna gak pake santan, malah menyehatkan.” Teman saya membujuk. Soto Betawi idealnya memang menggunakan santan encer. Itulah mengapa saya jarang mengkonsumsi Soto Betawi. Santan yang dimasak lama menurut saya tidak begitu baik untuk kesehatan apalagi kalau sudah dimasak lama lalu dipanaskan berulang kali.

ISI SOTO YANG EMPUK
Semangkok soto dihidangkan dengan asap yang masih mengepul. Sama sekali tidak tercium bau khas susu sapi. Wangi sereh bersatu dengan wangi kaldu sapi itu membuat saya menjadi lapar. Isinya sama dengan soto Betawi lainnya, karena pemilik ingin mempertahankan ke-khas-an kuliner ini. Menurut kokinya, daging yang digunakan adalah daging sapi lokal yang masih muda, itulah rahasia keempukan daging yang disajikan di depan saya ini. Tidak ketinggalan kentang, tomat, jeruk limo dan pelengkap lainnya membuat soto Betawi Susu ini semakin nikmat.

Soto-betawi-susu-komplit
Hidangan Soto Betawi Kuah Susu

SUSU SAPI MURNI
Penggunaan susu sebagai kuah soto ini bukan tanpa sebab. Dikarenakan keprihatinan pemilik kepada mereka yang mengidap kolesterol tinggi sehingga takut untuk mengkonsumsi kuliner ini, maka dipilihlah susu sebagai pengganti santan agar pengidap kolesterol dapat menikmati kuliner ini, paling tidak kadar kolesterol dari makanan ini sedikit berkurang dibanding menggunakan santan. Susu yang digunakan adalah susu murni sapi yang higienis sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang sangat enak.

Soto-Betawi-Susu
Soto Betawi Kuah Susu

BIR PLETOK
Masih tentang kuliner khas Betawi. Minuman Bir Pletok ini sangat cocok dinikmati setelah menyantap Soto Betawi Susu. Walau namanya “BIR”, minuman ini adalah minuman halal karena tidak mengandung alkohol. Campurannya adalah jahe dan rempah-rempah pilihan sehingga walau diminum bersama es batu, minuman ini akan tetap hangat ketika melewati kerongkongan. Khasiatnya sudah tentu banyak sekali karena rempah-rempah yang dicampurkan mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh.

bir-pletok
Bir Pletok, minuman khas Betawi

LOKASI & HARGA
Soto Betawi Susu Ini bisa kamu temukan di daerah Jakarta Barat, tepatnya di Jl. Meruya Ilir no. 33c Jakarta barat, Hp: 081318885070.
Soto Betawi Susu (Porsi Besar) IDR 35K
Soto Betawi Susu (Porsi Kecil) IDR 23K
Bir Pletok IDR 10K

Soto-betawi-susu-dan-nasiKamu juga bisa cek IG-nya di @nasiboxoffice

spanduk-SB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here