5 Jajanan Sangat Enak Tiada Taranya di Thailand

4
678
views
K
alo ngomongin soal jajanan, Thailand ini memang gudangnya ya. Mau jajanan yang ringan, ngga terlalu ringan, agak berat, berat sampe berat banget, semua ada di Thailand. Menemukannya juga ngga susah, tinggal datangin aja pasar-pasarnya. Mau pasar yang buka pagi, buka siang atau pasar yang buka malam, ada semua. Hal ini yang kadang bikin saya sebel, masa saya mau beli baju ehhh sampe pasarnya saya malah pilih jajanan. Yang saya bungkus malah makanan, bukan pakaian. Sebel kan ya…

Nah biar kamu bisa tau sebelnya saya waktu makan jajanan yang saya temukan di pasar-pasar Thailand itu, saya bahas satu persatu ya.

1. Mango Sticky Rice

mango-sticky-rice

Jajanan ini adalah campuran ketan putih, mangga dan diberi saus santan yang gurih dan manis. Yang pernah ke Thailand jarang yang ngga nyoba jajanan ini. Kalaupun ngga nyoba, minimal pernah liat, kalau ngga pernah liat mungkin dia di hotel aja, ngga jalan-jalan. Ini jajanan, gampang banget ditemui, dimana ada keramaian di situ ada mango sticky rice, mulai dari tempat mewah sampai di emperan juga ada. Dari yang ngga enak sampe yang enak banget sudah saya coba. Sehari saya bisa makan 5-6 kali dari penjual yang berbeda. Dari nemu yang mangganya asam sampe yang manis banget juga pernah. Harga jajanan ini bervariasi, tergantung kamu belinya dimana, rangenya antara 50-100 Baht. Ini pantas untuk dicoba, bikin ketagihan.

2. Rotee Mataba

roteeJajanan ini mirip seperti martabak telur di Indonesia. Yang paling mirip adalah kulitnya. Kalau martabak telur isinya daging, telur dan daun bawang, nah kalau rotee mataba ini isinya bervariasi, ada isi pisang, isi keju, isi susu atau coklat. Lalu di atasnya disiramkan susu kental manis. Rasanya sudah pasti manis, gurih dan renyah. Sama seperti mango sticky rice, jajanan ini mudah ditemukan. Biasanya pedagang jananan ini menggunakan gerobak. Kamu bisa temukan jajanan ini di pinggir-pinggir jalan, di pasar atau di mall. Bahkan kadang dijual sama abang-abang naik sepeda keliling kompleks perumahan. Harganya murah hanya 10 Baht. Paling enak dimakan selagi hangat.

3. Es Krim Blewah

es-krim-blewahKalau udah capek jalan-jalan atau belanja, nah kamu butuh yang segar-segar ya kan… Ini jajanan yang selalu menggiurkan di kala panas, cocok banget di iklimnya Thailand. Es krim rasa kelapa ditaruh di buah blewah bulat yang isinya dikeruk dikit biar gampang dimakan, trus atas es krimnya ditaruh ketan ijo yang lembut, nah di atasnya dikasih susu dikit. Ini jananan bikin saya selalu noleh pas liat penjualnya, seakan takjub sama kenikmatannya. Walau beda-beda penjualnya, rasanya semua sama. Enakkkkkk…
Harganya ngga mahal, cuma 35 Baht atau sekitar 15 ribu. Murah lah ya, dibanding kamu makan es krim yang cuma pakai essence aja udah 20 ribuan, ini kamu bisa sekalian makan buah blewah juga. Murah dan sehat.

 4. Pad Thai

pad-thai-bigPenjual jajanan ini kadang bikin emosi saya kalau dia lagi masak. Baunya itu loh… Wangi! Banyak banget yang jual jajanan ini. Biasanya dijual pakai gerobak tapi ada banyak juga rumah-rumah makan yang jual. Dari sekian banyak yang saya coba, rasanya beda di tiap penjual, tergantung tangan yang meracik bumbunya. Isinya sih sama semua, ada mie, toge, ayam/udang, telur dan bumbu-bumbu lainnya. Harganya 35 Baht. Porsinya banyak.

5. SPRING ROLL

springrollIni gorengan yang selalu bikin ngiler saya. Warnanya yang coklat keemasan kayak manggil-manggil saya buat beli, apalagi kalau baru diangkat dari penggorengan. Sebenarnya sih isinya sama kayak di Indonesia tapi sausnya yang bikin beda. Ngga tau mereka bikinnya gimana, saya coba tanya bumbu sausnya ke penjualnya tapi penjualnya geleng-geleng dan dadah-dadah ke saya. Gorengan ini dijual dengan bentuk yang gede-gede, tapi saya biasanya beli 2. Banyak pilihannya, ada udang, ayam, pisang, jamur.

Biasanya penjual akan potong-potong spring roll yang kita pesan, lalu di atasnya ditambahkan potongan sayur-sayuran lalu disiramkan kuahnya. Paling senang kalau kuahnya boleh ambil sendiri, berasa pengen bawa pulang kuahnya hahaha…

Nah gimana? berasa kangen makanan Thailand ngga? atau pengen nyoba? atau ikut kesel? atau ngga pengen? yuk tulis jawaban kamu di kolom komentar…

4 COMMENTS

  1. Spring roll ini memang menggoda banget, apalagi dimaan sambil jalan. Aku coba bikin sendiri, kok rasan beda ya … hahaha. sama dengan tom yum, bikin sendiri nggak seenak di thailand

    Sticky mango paling favourite

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here