Welcome to Dalat!

3
715
views

Waktu itu jam menunjukkan tepat pukul 1 siang waktu setempat ketika saya tiba di Dalat. Angin dingin langsung terasa menusuk tulang ketika saya membuka pintu bus untuk turun. Ini adalah kota ketiga yang saya kunjungi di Vietnam. Sebelumnya saya keliling kota Ho Chi Minh selama 4 hari dan ke Mui Ne selama 2 hari. Saya mengunjungi Dalat di bulan Februari, saat itu musim dingin. Angka 8 derajat Celsius tertera di handphone saya. Beruntung saya selalu sediakan jaket di setiap perjalanan saya.

Saya diturunkan supir bus tepat di samping sebuah danau di tengah kota. Danaunya jernih. Di pinggir-pinggir danau ditanami pohon-pohon sakura yang saat itu sedang bermekaran. Di kejauhan terdapat beberapa orang memancing atau sekedar duduk sambil melamun. Saya jatuh cinta sama kota ini pada pandangan pertama!

Jam 2 siang saya meninggalkan danau menuju sebuah jalan yang agak menanjak. Ada banyak deretan hostel-hostel di sepanjang jalan Bui Thi Xuan. Semakin menjauh dari danau, harganya semakin murah. Saya menemukan sebuah hotel bernama Phuong Huy 2. Harga kamarnya 140.000 Dong per malam atau sekitar 70.000 Rupiah, kamar private dilantai 2 ukuran 5×5 meter persegi, sebenarnya bisa muat untuk empat orang. Stttttt ini harganya saya tawar dengan menggunakan jurus rayuan pulau kelapa hahahaha… Mungkin kamu juga bisa coba untuk tawar menawar sebelum masuk ke penginapan yang ada di Dalat ini.

Kamar penginapan ini dilengkapi dengan tv, ketel air, kamar mandi dan pemanas air, cukuplah untuk beristirahat. Dari atas saya bisa langsung melihat keadaan jalanan depan penginapan ini.

Penginapan ini menyediakan motor yang dapat disewa, harganya 100.000 Dong atau sebesar 50.000 Rupiah per hari, tidak termasuk bensin. Untuk perjalanan seharian, cukup isi bensin 20.000 Dong saja, kamu bisa pakai untuk keliling kota Dalat. Jangan lupa pakai helm dan berkendaralah di jalur sebelah kanan. Pastikan kondisi kendaraan yang kamu sewa dalam keadaan yang baik. Saran saya, foto motornya sebelum digunakan.

Arnie Simanjuntak dengan motor sewaannya

Berbeda dengan kota Ho Chi Minh, mengendarai motor di sini sangat nyaman karena kendaraan jumlahnya masih sangat sedikit. Saya bahkan tidak menemui polisi yang mengatur lalu lintas dan traffic lightnya juga hanya ada di beberapa perempatan jalan. Bila kamu menyewa motor untuk berkeliling kota Dalat ini, berhati hatilah saat melewati perempatan atau pertigaan yang tidak ada traffic lightnya ya.

Selamat berlibur….

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here