Luxury Minivan ala Petugas Imigrasi Hat Yai, Thailand.

0
233
views
Check in @Hat Yai, Thailand

Panas menyengat ketika saya turun dari pesawat di bandara International Hat Yai, Thailand. Bandara yang terletak di perbatasan Thailand dan Malaysia. Tidak banyak pesawat yang mampir di kota ini, salah satunya pesawat Airasia yang saya gunakan dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Saya menyiapkan dokumen perjalanan ketika berada di antrian imigrasi. Paspor, voucher hotel dan tiket Airasia dari Penang ke Jakarta. Dari Hat Yai ke Penang saya akan menggunakan minivan. Namun nasib sial menimpa saya, seorang perempuan petugas imigrasi menanyakan bookingan minivan Hat Yai. Walau sudah saya jelaskan akan memesannya di hotel tempat saya menginap. Namun petugas tersebut mewajibkan saya harus memesan terlebih dahulu sebelum masuk ke negaranya. Iya, ini kelalaian saya.

Saya dibawa ke sebuah ruangan kecil. Di sana petugas mengatakan akan memesan minivan Hat Yai – Penang untuk saya dan teman saya. Diapun sibuk dengan telepon genggamnya. 20 menit kemudian, petugas tersebut menghampiri saya. Dia mengatakan sudah memesan minivan seharga 50 ringgit/orang. Harga yang cukup mahal, karena teman saya minggu lalu hanya membayar 300 bath atau setara 30 ringgit. Saya coba menawar harganya. Tapi petugas itu mengatakan dia tadi memesan luxury minivan untuk saya dan teman saya. Ok lah, sayapun setuju, lalu membayar 100 ringgit ke petugas tersebut untuk 2 orang. Nantinya luxury minivan tersebut akan menjemput kami di hotel tempat kami menginap. Lumayan, agak terhibur dengan janjinya.

Setelah 2 hari berkeliling Hat Yai, saya akan melanjutkan perjalanan ke Penang, Malaysia. Tepat jam 10 pagi, seorang perempuan, wajahnya mirip Maribeth, penyanyi lagu kondang tahun 90-an yang berjudul Denpasar Moon duduk manis di lobby. Sebelumnya staf hotel sudah memberitahu kalau minivan yang saya pesan untuk ke Penang telah menunggu di depan hotel. Perempuan itu langsung menebak sayalah pemesannya karena langsung menyapa dan membantu membawa tas bawaan saya.

Saya mengikutinya keluar hotel, menuju minivan miliknya. Saya agak kaget melihat luxury minivan yang dibooking oleh petugas imigrasi di bandara kemarin. Untuk memastikan lagi, saya bertanya ke perempuan tadi, apakah benar nama di list penumpangnya itu adalah nama saya dan teman saya. Dan saya harus pasrah campur pedih karna nama kamilah yang ada di list itu. Luxury minivan yang dimaksud petugas itu ternyata minivan yang busa tempat duduknya sudah miring dan tipis hahahaha…

Ini pelajaran berharga banget buat saya, jangan meremehkan hal-hal sepele di negara orang biar nyaman berwisatanya. Jadi buat kamu yang mau coba jalan darat, pastikan kamu sudah booking kendaraan lintas negara ya.

Selamat berlibur, tetap bahagia 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here